Implementasi Protokol Kesehatan CHSE dalam Meningkatkan Kepercayaan Tamu di Hotel
Keywords:
Protokol Kesehatan; CHSE; Kepercayaan Tamu; Covid-19, Protokol Kesehatan , CHSE, Kepercayaan Tamu, Covid-19Abstract
Dampak covid-19 telah memberikan perhatian lebih kepada sektor pariwisata. Tingkat ancaman dan resiko dari pandemi Covid-19 secara signifikan mengurangi niat wisatawan untuk menginap di hotel. CHSE merupakan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya oleh Kemenparekraf RI dalam mencegah meluasnya pandemic Covid - 19 di Indonesia. CHSE mengusung bersih, sehat, aman dan lingkungan yang ramah. Tren tamu saat ini adalah memilih tempat yang bersih dan aman dari covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi protokol Kesehatan CHSE di hotel, untuk mengetahui tingkat kepercayaan tamu untuk menginap dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi implementasi CHSE. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam Penelitian ini adalah 3 General Manager dari Hotel yang dipilih, 15 tamu dari masing- masing Hotel serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif melalui prosesdata reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi protocol kesehatan CHSE sudah cukup berhasil dalam meningkatkan kepercayaan tamu untuk menginap. Tamu memiliki kepercayaan dengan adanya sertifikat CHSE yang dipajang di hotel dan media promosi lainnya menjadi satu jaminan penularan covid-19 dapat dieliminir. Faktor internal seperti dukungan sarana dan prasarana Kesehatan dan faktor eksternal yaitu adanya kerjasama dan koordinasi antar pihak terkait, kebijakan publik dan kesadaran pelanggan sangat mempengaruhi implementasi protocol Kesehatan CHSEReferences
Bartik, A. W., Bertrand, M., Cullen, Z. B., Glaeser, E. L., Luca, M., & Stanton, C. T. (2020). How are small businesses adjusting to COVID-19? Early evidence from a survey (No. w26989). National Bureau of Economic Research
Devy Dwi Fajri. (2020). Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Tatanan Normal Baru, Jurnal Abdimas Pariwisata Vol. 1 No. 2 Tahun 2020; hal 60-65
Fajar Adi Prakoso. (2020). Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Industri Food & Beverages: Jurnal Manajemen Bisnis (JMB). 2020; 33 (1), 1-6
Gangwei Cai, Lei Xu, Weijun Gao. (2021). The green B&B promotion strategies for tourist loyalty: surveying the restart of Chinese national holiday travel after COVID-19, International Journal of Hospitality Management, Volume 94, 2021, https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102704.
Gursoy, D., Chi, C. G., & Chi, O. H. (2020). COVID-19 Study 2 Report: Restaurant and Hotel Industry: Restaurant and hotel customers’ sentiment analysis. Would they come back? If they would, WHEN? (Report No. 2), Carson College of Business, Washington State University.
Istijanto. (2008). Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia: Jakarta
Jano Jiménez-Barreto, Sandra Loureiro, Erik Braun, Erose Sthapit, Sebastian Zenker. (2021). Use numbers not words! Communicating hotels’ cleaning programs for COVID-19 from the brand perspective, International Journal of Hospitality Management, Volume 94, 2021, https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102872.
Kemenparekraf. Protokol Kesehatan CHSE. (2020) https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/siaran-pers- tingkatkan-kepercayaan- wisatawan-kemenparekraf-sosialisasi-protokol-kesehatan/
Maleong, L. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. Alfabeta: Bandung
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta: Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lu'luwatin Rosdiana Aprilia, Sri Marini, Antonius Iskandar Yahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).