Pengembangan e-Rubric Dengan Pendekatan Competency-Based Assessment Pada Bidang Keahlian Akomodasi Perhotelan Di Sekolah Menengah Kejuruan
Keywords:
Competency-based assessment; e-rubric; Akomodasi perhotelan; Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Alat penilaian yang standar di SMK Akomodasi Perhotelan yang digunakan saat praktikum sangat diperlukan. Alat penilaian yang ada saat ini belum mengacu pada SOP Hotel dan kebutuhan dari masing-masing kompetensi keahlian. Urgensi penelitian ini mengembangkan alat penilaian yang berbentuk e-rubric yang dibutuhkan guru SMK Akomodasi Perhotelan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan: 1) Panduan Pembuatan dan Penggunaan E-rubric Assessment Bidang Akomodasi Perhotelan, 2) E-rubric dengan Pendekatan Competency Based Assessment Pada Bidang Keahlian Akomodasi Perhotelan di SMK. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan Research and Development. Penelitian mencakup studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap uji validasi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik dan guru produktif bidang keahlian akomodasi perhotelan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan uji kompetensi. Analisis data penelitian dilakukan sesuai dengan prosedur dan karakteristik dari temuan data penelitian; untuk data kuantitatif dianalisis secara kuantitatif dan untuk data kualitatif dianalisis secara kualitatif. Alat penilaian kinerja yang biasa digunakan secara manual dapat dikembangkan menjadi e-rubric assessment oleh guru di sekolah maupun pada saat peserta didik sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan di hotel. Hasil validasi terhadap panduan pembuatan dan penggunaan E-Rubric dengan Pendekatan Competency Based Assessment pada bidang keahlian akomodasi perhotelan di SMK dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan
References
Jubaedah, Y., (2009). Model Penilaian Keahlian Tata Busana Berbasis Standar Kompetensi Nasional di Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Kustitik, K., & Hadi, S. (2016). Pengembangan perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 184-197.
Muktiarni, M., Ana, A., Yulia, C., & Jubaedah, Y. (2019, December). Electronic Rubrics Design to Assess Student Competence in Vocational Education. In 1st Vocational Education International Conference (VEIC 2019) (pp. 257-261). Atlantis Press.
Pinemarten Education Ltd. (2015). https://www.smartrubric.com/
Rinekasari, N. R., Jubaedah, Y., & Sobariah, S. N. (2019). Standard Operating Procedure of Housekeeping Adaptation: The Development of Assessment Tools in Cleaning Bathroom Practices at Vocational High School. KnE Social Sciences, 150-161.
Rohaeni N, Jubaedah Y, Fithriturrohmi. (2019). Alat Penilaian Kinerja Pada Praktik Manual Polishing Dengan Pendekatan Competency Based Assessment. Surat Pencatatan Ciptaan : 0001728877.
Setiawan, S. (2019). Pengertian Rubrik, Tujuan, Jenis, Isi, Macam, Contoh, Para Ahli. Terdapat di [On line] https://www.gurupendidikan.co.id. (18 Agustus 2019).
Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Neni Rohaeni, Yoyoh Jubaedah, Nenden Rani Rinekasari, Lu'luwatin Rosdiana Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).